Rabu, 24 Juli 2013

Yakiki: Karawang Perlu Lokalisasi PSK

Pemkab Karawang perlu melokalisasi pekerja seks komersial untuk mecegah penularan HIV/AIDS, kata Direktur Yayasan Kita Kita, Iwan Soemantri Amintapraja, Sabtu.
Yayasan Kita Kita atau Yakiki merupakan salah satu lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang sosialisasi bahaya HIV/AIDS di Karawang. Saat ini, Yakiki memiliki ratusan warga binaan yang umumnya merupakan pekerja seks komersial. Keberadaan pekerja seks komersial (PSK) di Karawang itu sendiri tersebar di sejumlah tempat sekitar Karawang, mulai dari perkotaan sampai pedesaan.
"Jika keberadaan PSK dibiarkan tersebar di sejumlah titik wilayah Karawang, itu sama saja membiarkan virus HIV/AIDS bertebaran di mana-mana. Jadi, perlu dibentuk lokalisasi untuk mengurung penyebaran virus itu," kata Iwan, di Karawang. 
Dikatakannya, sesuai dengan survei yang dilakukan sejak beberapa tahun terakhir, ada 53 titik transaksi seksual di Karawang, di samping rumah-rumah kos yang sering disalahgunakan untuk kegiatan serupa.
Menurut dia, terobosan dengan membentuk wilayah binaan atau lokalisasi PSK tersebut merupakan bagian dari upaya meregulasi maraknya seks di Karawang. Sebab, kawasan seks itu tidak diregulasi, hal ini dapat memperluas penyebaran virus HIV/AIDS di kabupaten tersebut.
Dengan adanya lokalisasi PSK, maka penyebaran virus HIV/AIDS di Karawang bisa dilokalisasikan. Ia menilai pembentukan wilayah binaan atau lokalisasi PSK itu merupakan bagian dari upaya menurunkan kasus HIV/AIDS di Karawang.
Saat ini, kasus HIV/AIDS di Karawang cukup tinggi, yakni mencapai 69 kasus selama Januari-November 2012. Sedangkan data lama hingga akhir Desember 2011, kasus HIV/AIDS di Karawang mencapai 283 kasus.

Sumber : http://internasional.kompas.com/read/2012/12/01/22582064/Yakiki.Karawang.Perlu.Lokalisasi.PSK

2 komentar:

  1. Boleh minta kontac yakiki karawang yg bisa di hubungi...??

    BalasHapus
  2. Boleh minta kontac yakiki karawang yg bisa di hubungi...??

    BalasHapus

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - Free Blogger Themes | NewBloggerThemes.com